Rabu, 02 Oktober 2013

Travel Cek

BAB 1
PENGERTIAN TRAVEL CHEK

1.1 Traveller Cheques

Apa sebetulnya travel cek atau cek perjalanan (traveller’s cheques)? Memasuki abad keduapuluh, saat akselarasi pertumbuhan ekonomi cenderung menjadi global, dan kemajuan ilmu serta teknologi melahirkan kebutuhan baru pula dalam transaksi serta interaksi baik jasa maupun benda. Salah satunya adalah penerbitan Travels Cheque yang dikeluarkan oleh dunia perbankan.

Cek perjalanan merupakan surat berharga yang dikeluarkan oleh sebuah bank, yang mengandung nilai, dimana bank penerbit sanggup membayar sejumlah uang sebesar nilai nominalnya kepada orang yang tanda tangannya tertera pada cek perjalanan itu.

Adapun istilah yang dipakai untuk cek perjalanan ini bermacam-macam tergantung dari bank penerbitnya. Cek perjalanan biasanya mempunyai dua bentuk kata CB Drover dan RWB Bosley. Bentuk yang pertama ialah dengan dinyatakan diterbitkan oleh orang yang berpergian dan bank yang mengeluarkannya ikut serta menanda tangani. Kedua diterbitkan oleh bank atas dirinya sendiri dan ikut serta ditanda tangani oleh orang yang berpergian.

Cek Perjalanan dalam valuta asing yang diterbitkan oleh Bank atau Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) yang dapat diuangkan di bank/ agen pembayar setelah pemilik menandatangani cek dengan lengkap di hadapan Bank/ Agen.

Agen penjualan yaitu bank devisa mengajukan Travellers Cheque, setelah terbit Travellers Cheque menggunakan mata uang asing dakam setiap transaksi menggunakan (kurs) yang berupa Valuta Asing sebagai kurs perjalanan. Jenis cek ini dapat dibeli dan ditukar kembali dengan mata uang yang kita inginkan dimana kita berada.


Travellers Cheque ini sendiri terbagi dua. Pertama, cek perjalanan atas unjuk. Dengan cek ini, siapa pun pembawanya bisa langsung mencairkannya ke bank maupun yang ditunjuk. Kedua, cek perjalanan atas nama. Cek ini yang mencantumkan nama Anda, sehingga hanya Anda yang bisa mencairkannya dengan menunjukkan kartu identitas dan tandatangan Anda.

1.2 Umumnya Traveller Cheque :

1. Diterbitkan oleh bank-bank terkemuka di dunia
2. Bank Devisa selaku Selling Agent dan’atau Paying Agent)
3. Dalam mata uang yang kuat (hard Currency) seperti : US Dollar, Poundsterling, Yen, Euro
4. Membayar biaya penginapan, restoran, belanja, tiket pesawat
5. Dapat ditukar dengan uang tunai, disimpan dalam rekening giro, dapat diwariskan.

1.3 Fitur Traveller Cheque :

1. Tersedia di Cabang Devisa
2. Pembayaran dananya dijamin oleh Issuer
3. Tersedia dalam berbagai valuta dan nominal
4. Dijual seharga nilai nominal (Face Value)
5. Tidak ada batas kadaluwarsa
6. Tersedia untuk nasabah pemegang rekening dan bukan pemegang rekening
7. Dijual blanko atau bukan blanko









Contoh Travel Cek yang dijual oleh bank di Indonesia adalah :

Cek perjalanan Bank Mandiri untuk valuta asing adalah TC American Express Travel Related Services Co, Inc. Tanpa batas kedaluwarsa, cek perjalanan ini bakal diganti kalau hilang dan tidak dapat dicairkan selain oleh pemilik langsung. Jenis TC yang dijual Bank Mandiri adalah TC American Express Travel Related Services Co, Inc. (Valuta USD, GBP, DEM, CHF, CAD, FFR, NLG, JPY).

BII juga punya cek perjalanan. Pecahannya, untuk rupiah mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 50 juta. Sementara, untuk cek perjalanan valas terbitan American Express Travel Related Services Co Inc bilangannya US$ 20 hingga US$500. Bank BNI punya cek perjalanan pula. Bank berlogo 46 ini menggandeng Citibank (Citicorp) dan Thomas Cook.



















BAB II
CARA MENDAPATKAN TRAVEL CHEK

Orang dapat membeli cek perjalanan ini dengan cara membeli pada bank penerbit atau agen-agennya dengan harga nominal ditambah dengan ongkos administrasi. Pada waktu membeli cek perjalanan pembeli harus membutuhkan tanda tangan dalam cek itu di hadapan penjual, dan saat menguangkan, pemegang cek tidak perlu membayar apa-apalagi, cukup bubuhkan tanda tanqan lagi. Syarat membeli TC :

  • Menghubungi agen-agen yang menyediakan TC
  • Mengisi formulir sebagai bukti pembelian. Bukti pembelian harus disimpan, karena jika bukti hilang akan mendapat kesulitan memperoleh pengganti saat TC hilang atau dicuri
  • Menyerahkan dana pembelian
  • Pada saat membeli, pembeli harus membubuhi tanda tangan dihadapan petugas bank atau money changer.
  • Nama Travels Cheque secara Tersendiri,
  • Nilai nominal dari Travels Cheque,
  • Nama bank yang mengeluarkan,
  • Nomor seri dari tanggal pengeluaran cek perjalanan,
  • Tanda tangan orang yang berpergian pada waktu pembelian TC, tanda tangan pada waktu penguangan cek perjalanan,
  • Perintah membayar tanpa syarat,
  • Dapat dibayarkan sebagai alat pembayaran yang sah








BAB III
KEGUNAAN TRAVEL CHEK

Kalau kita sudah memiliki Travellers Cheque, pasti kita harus mengetahui kegunaan atau manfaat dari Travellers Cheque itu sendiri. Kegunaan atau manfaat dari Travellers Cheque itu adalah:
Praktis, TC merupakan pengganti uang tunai dan dapat diterima atau diuangkan di hampir seluruh Bank/ Agen di seluruh dunia. Kita tidak perlu membawa uang dalam jumlah yang sangat banyak
Dalam suatu perjalanan TC sangatlah berguna untuk perjalanan kita. Aman, dikatakan aman karena TC yang hilang akan mendapatkan penggantian dari issuer. Tidak dapat dicairkan selain oleh pemilik langsung dan TC selain sebagai alat atau pengganti uang TC juga dapat dicairkan tunai /non tunai (giral).


















BAB IV
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CHEK

4.1 Kelebihan Traveller Cheque :

  • Dapat dicairkan / ditukarkan langsung ke dalam mata uang negara yang bersangkutan (yang ada hubungannya dengan Bank yang mengeluarkan TC tersebut ).

  • Sebagai pengganti uang tunai untuk melakukan pembayaran-pembayaran dalam travel / perjalanan anda.

  • Memberikan kemudahan berbelanja

  • Masa berlakunya tidak terbatas

  • Lebih aman daripada uang tunai , karena pada saat pencairan pemilik TC harus melakukan tanda tangan di depan counter kembali dan harus sama seperti tanda tangan yang pertama pada saat pembelian TC tersebut dan dapat diberikan refund (penggantian ) kepada pemilik kalau terjadi kehilangan atau rusak

4.2 Kekurangan Traveller Cheque :
Travel cheque memiliki satu kelemahan, nilai tukar travel cheque jauh dibawah dibandingkan nilai tukar dengan mata uang asing (misalnya dollar/euro) karena adanya fee processing. Tapi dari sisi keamanan travel cheque bisa diandalkan. Karena hanya si traveler yang bisa menarik cek tadi.








BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Travellers Cheque adalah suatu alat tukar atau alat penggati uang yang digunakan oleh orang yang sedang berpergian jauh dan membutuhkan banyak uang dan seorang traveller tidak perlu membawa uang yang sangat banyak di dalam dompetnya. Travellers Cheque ini sangat aman, efisien, menguntungkan dan tidak ribet. Travellers Cheque dapat ditukarkan di seluruh dunia.
5.2 Saran
Saran dari kami adalah manfaatkan segala macam kebutuhan yang telah diberikan kepada kita, asalkan kemudahan – kemudahan yang telah diberikan sesuai dengan kebutuhan kita.


















DAFTAR PUSTAKA























1 komentar:

  1. Las Vegas - Hotels | MapYRO
    Top 25 Hotels in Las 안산 출장마사지 Vegas · Wynn Las Vegas · Encore Resort King · Wynn Las Vegas · Wynn Palace · Wynn Panoramic 파주 출장샵 View King · 거제 출장마사지 Wynn Resort Two Doubles · Wynn 영천 출장안마 Resort King 경산 출장안마

    BalasHapus